Laporkan Penyalahgunaan

Ganti Judul dan ALt sendiri

WHY BLOGGING? AND HOW TO DIVIDE TIME?

Kenapa harus ngeblogging?

WHY?

Kenapa Sih Harus Ngeblog?

Pertanyaan ini sering saya jumpai saat teman-teman saya atau orang terdekat tau bahwa saya tengah mengelola sebuah blog. Saya pun hanya bisa tersenyum dan menjawab “Karena saya suka menulis”

Tapi kenapa ga nulis di Wattpad atau microblog? Bukannya itu lebih bagus ya? Dan yang pasti lebih keren.


Hmm.. menurut saya blog adalah platform yang ‘lebih luas’ dibanding dengan platform lain. Mengapa demikian? Jujur saya adalah orang yang gampang bosan dalam menulis suatu jenis sastra. Sebelumnya bahkan sampai saat ini saya masih mencoba merampungkan novel saya di salah satu platform novel online padahal sudah tiga tahun saya mulai menulis novel tersebut.

Bagi saya, untuk menuliskan suatu jenis karya sastra tertentu, misalnya seperti novel membutuhkan effort dan kerja keras yang tinggi. Dibutuhkan feeling dan keharmonisan penulisan setiap chapter-nya. 

Eits.. bukan berarti saya meremehkan tulisan di blog ya.. bagi saya menulis di blog juga pasti memerlukan feel dan kerja keras. Namun, rasa bosan dalam menulis sebuah novel lebih besar godaannya hehehe..

Bagi saya menulis di blog adalah hal yang luar biasa. Saya bisa bebas mengekspresikan tulisan sesuai dengan apa yang saya rasakan, apa yang saya inginkan, tanpa terikat suatu aturan yang telah saya buat sebelumnya misal: watak dan setting.

Lalu kenapa nggak menulis di microblog?


Jawabannya simple. Kredibilitas platform yang digunakan bisa saja turun, berbeda dengan blog yang bisa mengenang karya kita sepanjang masa (menurut saya Google aplikasi sepanjang masa).

Selain itu juga dengan menulis blog pembaca lebih mudah untuk mencari topik yang mereka inginkan dan saya sebagai blogger pun bisa bebas mengekspresikan apa yang saya tulis tanpa harus terikat pada satu niche. Benar, saya adalah penulis gado-gado hehehe...

Tidak menutup kemungkinan saya akan terjun ke dunia microblog, tapi wacana ini masih tahap recana hehehe...

Terus apa tujuanmu jadi blogger?


Hmm... sebenarnya tujuan utama saya menjadi blogger adalah sharing hal-hal yang saya suka misalnya: skincare, book, journaling, etc. Namun saya nggak bohong kalau setiap artikel saya pasti ada curhatan-curhatan yang mungkin bisa aja nggak disadari para pembaca wkwkwk. 

Kalo bahasa agamisnya itu 'sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain'


Emang yakin ngeblognya bisa konsisten? Orang nulis di Wattpad aja niatnya masih senin kamis..

Hmm... Sebenarnya hingga saat ini pun saya tengah mencari hal itu sebagai pemantik untuk keep fighting, disamping faktor suka menulis dan blog adalah tempat yang tepat. Jujur pada saat membuat blog ini adalah hasil dari sikap impulsif saya yang pengen coba-coba platform tulis menulis hehe.. tapi setelah saya mendalami blog dan mengikuti kelas serta komunitas blog seperti Blogspedia Coaching for Newbie, saya mulai paham bahwa landasan ini penting.

Saya tidak ingin memberikan jawaban yang muluk-muluk. Jawaban saya hanya “saya akan berusaha”.

I feel different when i'm blogging. Setiap waktu, mood atau kesukaan setiap manusia akan berubah. Apalagi seorang remaja yang tengah mencari jati diri, sikap plin plan akan terus melekat hingga menemukan zona ternyamannya.

Kenapa rasanya berbeda? Saya menyadari bahwa mood atau kesukaan orang itu akan terus berubah seiring berjalannya waktu, maka dari itu dengan menulis di blog saya bisa mencurahkan isi pikiran saya sesuai dengan apa yang saya suka pada waktu itu.


How to Divide Your Time?

Bagaimana cara membagi waktu untuk blogging?


Terus gimana bagi waktunya? Kan masih sekolah, ikut banyak organisasi, ada les juga, belum lagi ikut lomba?


Mendapati pertanyaan ini saya telah melakukan penelitian sederhana, dan hasilnya adalah mereka belum paham mengenai time management. Time management tidak diajarkan secara intrinsik di sekolah, tetapi sebenarnya diterapkan secara ekstrinsik. Apa itu? Jawabannya adalah pengumpulan tugas sekolah.

Sadar atau tidak sadar, kita akan mengerjakan tugas yang deadline nya paling dekat. Hal tersebut tentu saja berlaku pada saat kita melakukan apapun termasuk aktivitas hobi. Dari hal tersebut, skill time management akan terasah. Skill time management akan terus meningkat seiring dengan semakin padatnya aktivitas yang kita lakukan.

Terus gimana cara mengatur waktunya ?

That’s so simple. Make a Priority List. Rencanakan semua aktivitas yang akan kamu lakukan besok lengkap dengan jam pengerjaanya. Biasanya, saya menyusun priority list di malam hari dan siap dieksekusi esok hari.

Namun dibalik kata-kata priority list, ada sebuah kata tambahan yang tidak disebutkan. Yaitu, disiplin. Sebagus apapun priority list-mu jika tidak dibarengi dengan disiplin, maka akan percuma. Semua target, semua rencana yang telah disusun akan ambyar. Lalu apa akhirnya? Kamu akan mengerjakannya dengan terburu-buru sambil menggerutu bahwa hal ini sulit dan membebani. Padahal, kenyataanya yang membuat semuanya menjadi sulit adalah tingkah manusia itu sendiri

Jadi, teruslah untuk meng disclaim dirimu bisa dibarengi dengan time management dan semangat yang tinggi.

Weekend Productive 

Selain priority list, saya juga punya sebuah kegiatan yang mungkin banyak disepelekan oleh orang lain yaitu weekend productive. Banyak orang yang menjadikan weekend sebagai hari untuk berleha-leha, bersantai, dan mengosongkan isi kepala.

Padahal tidak ada ruginya jika kita produktif di hari-hari weekend. Biasanya, saat weekend adalah hari untuk mengeksekusi semua ide atau pikiran yang ada di otak saya yang menghasilkan karya masterpiece. Bagi saya, setiap karya yang saya buat adalah masterpiece karena didalamnya terdapat emosi dan pikiran yang dihasilkan oleh diri saya pada saat itu...

Bagaimana memulai weekend productive?

Start from your hobby! Seperti saya misalnya yang suka menulis, pada hari sabtu dan minggu saya akan meluangkan waktu untuk mencurahkan segala ide dan gagasan selama seminggu ini yang saya dapati dalam bentuk tulisan. Anggap saja weekend productive adalah masa untuk self healing atau self talk. Dengan memulai dari hobi maka kita bisa lebih have fun dan enjoy untuk melakukan aktivitas tersebut.


Jadi ada baiknya sebelum memulai blogging, kita memiliki dasar big why untuk nge-blogging. semoga tips time management yang saya berikan juga bermanfaat yaa.. Tetap semangat and happy blogging!
Sigalia DP
Hello This Is Sigalia DP Welcome to my Blog! Here I share experiences and things I like. I hope you enjoy it..

Related Posts

13 komentar

  1. Waaa masih sekolah ya, @honeylemon, keren. Senang melakukan banyak kegiatan juga. Panutan ni buat semangatnya dan management waktu :D

    Eh*ditambah lagi ide weekend produktif, sungguh langka sekali ^^ Uploase!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, sebagai anak muda saya selalu berusaha untuk menyibukan diri ke hal-hal yang positif. Saya sendiri ga bisa terus-terusan di comfort zone karena saya percaya when I take risks to grow better than just staying in my comfort zone...

      Hapus
  2. Suka semangatnyaaa! Anak muda harus lebih terdepan dari para emak-emak yaa... Keep blogging happily!

    BalasHapus
  3. Generasi milenial yang amazing. Jika saja semua seperti ini, pasti bangsa akan lebih maju. Masih sekolah sudah punya semangat, bahkan sudah menerapkan time management. Tetap semangat. Semoga studinya lancar ya, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin Terimakasih kak Deeva and thanks for the appreciate:)

      Bagi saya skill time management itu basic life skill, dan cara terbaik untuk membangunnya adalah dengan menerapkannya sedini mungkin.

      Hapus
  4. Masya Allah masih pelajar, gen Z ini mah, ponakan saya aja ada yg udah kelas 11 sih, semangaatt ya ngeblognya, ini rumahnya udah keren beets

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah berarti ponakannya seumuran nih sama saya, saya juga masih kelas 11 juga. By the way thanks for the appreciate :)

      Hapus
  5. Anak wattpad ya? Keren ih. Aku pembaca wattpad loh meski dah emak2, terutama cerita2 series romantic wkwkwkwk. Keep sharing ya. Semoga bisa konsisten merawat anaknya (blog).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. semoga kakak juga bisa terus konsisten...

      Yes, saya anak wattpad dari 5 tahun yang lalu. Bukan anak wattpad aja sih, saya juga suka webtoon sama kakao page hehehe...

      Hapus
  6. Ih aku kok ikut kesentil sama semangat senin kamis auto mengingay edisi bulan ini yg baru nulis sekian tulisan hiks.


    Aku setuju, start from your hobby!
    Kita satu pemikiran😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeah memang bener, untuk sesuatu yang asing menurutku lebih baik start dari hobby jika memang tidak terpaksa. Karena melakukan hobby itu bisa bikin tetap have fun dan setelah terbiasa, perlahan bisa diaplikasikan ke aktivitas atau kesibukan lainnya...

      Hapus
  7. Reason yang deep banget mbak, semoga selalu konsisten ngeblog ya

    BalasHapus

Posting Komentar