Laporkan Penyalahgunaan

Ganti Judul dan ALt sendiri

Bela Negara dan Gen Z

Posting Komentar
Bela negara dan Gen Z

Sebagai seorang Warga Negara Indonesia, kita harus memiliki sikap yang mencerminkan diri kita sebagai Warga Negara Indonesia, salah satunya sikap Bela Negara. Sikap Bela Negara adalah sikap yang diambil selama masa perjuangan Bangsa Indonesia dari fase penjajahan hingga merdeka.

Bela negara bisa diartikan sebagai konsep yang telah disusun oleh undang-undang dan para petinggi negara mengenai sikap patriotisme individu, kelompok dan seluruh komponen dari sebuah negara. Sikap ini juga merujuk pada pertahanan eksistensi negara itu sendiri.

Sikap ini penting untuk dimiliki setiap Warga Negara Indonesia untuk melindungi Bangsa Indonesia dari berbagai macam ancaman, menjaga keutuhan Bangsa Indonesia, menjadi panggilan sejarah yang diteruskan sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab setiap warga negara. Beberapa aspek Bela Negara yaitu:

1. Cinta Tanah Air

Sikap ini merupakan sebuah perasaan cinta terhadap bangsa dan negara dimana seorang individu merasa bangga menjadi bagian dari tanah tersebut.

2. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Sikap ini bermakna individu yang hidup dan terikat dalam naungan negara harus memiliki sikap dan perilaku yang tumbuh atas kemauan sendiri.

3. Yakin akan Pancasila sebagai Ideologi Negara

Artinya keyakinan ini menjadi semangat bagi penyelenggara dan pelaksna dalam menjalankan pemerintahan negara dalam menjalankan tugasnya.

4. Rela Berkorban

Rela berkorban demi bangsa dan negara ialah dengan rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, dan harta benda untuk kepentingan umum.

Meskipun Bela Negara terbentuk dari sejarah panjang Bangsa Indonesia, bukan berati nilai ini turut pudar setelah Indonesia merdeka. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengamalkan nilai Bela Negara ini. Saat ini warga negara tidak perlu untuk mengangkat senjata untuk menunjukan nilai Bela Negara, namun untuk saat ini penerapannya disesuaikan dengan kehidupan sehari hari.

Penerapan nilai Bela Negara diterapkan pada aparatur negara atau pemerintah saja, namun seluruh elemen masyarakat harus bisa mengimplementasikan nilai Bela Negara dikehidupan sehari-hari agar nilai ini senantiasa teteap lestari.

Generasi Z adalah salah satu elemen masyarakat dengan populasi paling banyak. Generasi Z adalah orang orang yang terlahir dari tahun 2000 hingga 2009. Hal yang menjadi ciri khas dari Generasi Z adalah generasi ini cakap dalam menggunakan teknologi.

Genarasi Z sendiri tidak terlepas dari tanggung jawab untuk menerapkan nilai-nilai Bela Negara. Mereka dapat berkontribusi dikehidupan sehari hari dengan melakukan kegiatan yang mencerminkan nilai tersebut contohnya:
  1. Partisipasi dalam kegiatan sosial
  2. Memiliki kesadaran akan lingkungan
  3. Menghargai budaya dengan belajar untuk ikut melestarikan budaya
  4. Menjaga kebugaran tubuh agar bisa memenuhi tanggung jawab sebagai warga negara
  5. Taat pada peraturan hukum perundangan undangan dan hukum adat
Contoh diatas adalah sebagian kecil dari berabagi implementasi yang dapat diterapakan oleh msyarakat khususnya Generasi Z dalam mengamalkan nilai Bela Negara di kehidupan sehari hari. Meskipun Indonesia sudah merderka dan berdaulat bukan berarti kita melupakan jasa para pahlawan, namun yang perlu kita lakukan adalah menteladani sikap sikap yang ditunjukan para pahlawan selama masa perjuangan dan mengamalkan nilai tersebut di kehidupan sehari hari.
Sigalia DP
Hello This Is Sigalia DP Welcome to my Blog! Here I share experiences and things I like. I hope you enjoy it..
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar